MKKS JATIM

Pascapandemi Melanda, MKKS Kembali Terlaksana:

Secercah Harapan Untuk Kemajuan Pendidikan Bangsa

MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) merupakan forum perkumpulan kepala sekolah dalam satu gugus wilayah. Anggota MKKS terdiri dari kepala sekolah baik dari sekolah negeri maupun swasta dalam satu provinsi. MKKS tidak terikat secara struktural pada lembaga pendidikan lain, tetapi pengawasannya dilakukan secara berjenjang melalui pengawas sekolah di satu daerah tertentu.

 

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah kembali diadakan di SMA Negeri 2 Nganjuk untuk lingkup Provinsi Jawa Timur. Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Nganjuk, Dr. Rita Amalisa sebagai ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Kab. Nganjuk mengatakan “MKKS ini diadakan setiap 3 bulan sekali, setiap 3 bulan sekali kita membuat rekomendasi. Untuk kali ini kita merekomendasi kepada pemerintah mengenai bantuan dana kepada sekolah sehingga bisa meringankan beban para orang tua, ini merupakan rekomendasi pertama untuk MKKS kali ini”. Kamis (27/10/2022)

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah umumnya dihadiri oleh kepala sekolah SMA yang utamanya adalah SMA Negeri. “MKKS ini dihadiri oleh 125 orang kepala sekolah SMA se-Jawa Timur” ucap Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Nganjuk Dr. Rita Amalisa.

Program kerja dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ada beberapa, diantara (1) mengakomudir kegiatan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah), (2) mengakomudir kebutuhan sekolah sekolah di bawah naungan MKKS, (3) berkoordinasi agar bisa satu langkah dalam menghadapi permasalahan, dan (3) pembinaan siswa/siswi pada jenjang SMA.

Kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah yang pada kesempatan kali ini diselenggarakan di SMA Negeri 2 Nganjuk dimeriahkan oleh pameran UMKM, pameran hasil implementasi hidroponik P5, dan penampilan dari siswa/siswi berbakat Kab. Nganjuk.

Pameran dalam MKKS mengundang banyak perhatian para bapak/ibu kepala sekolah yang berkesempatan hadir pada acara kali ini. Hasil implementasi hidroponik P5 siswa/siswi SMA menyita banyak perhatian dari tamu undangan. Bapak/ibu tamun undangan memuji hasil proyek dari P5, “sangat bagus ya” ucap salah satu kepala sekolah yang hadir. Tak hanya proyek P5 namun ada juga ada penampilan karya dari UMKM, para UMKM menampilkan produk terbaik mereka. Para UMKM ini adalah milik daerah Kabupaten Nganjuk.

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah memiliki banyak manfaat untuk semua sekolah pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMA). Dapat mengatasi berbagai masalah yang dialami dengan satu tujuan satu misi agar tercapai keselarasan hubungan. “Saya berharap MKKS lebih berdenyut lagi, lebih memiliki pengaruh terhadap pimpinan sehingga rekomendasi-rekomendasi dari kita bisa dilaksanakan, bisa dieksekusi oleh pembuat kebijakan. Misalnya, Dinas Pendidikan atau yang lebih tinggi adalah Gubernur Jawa Timur karena hubungannya adalah dengan meringankan beban orang tua.” Ucap ketua MKKS Kab. Nganjuk Dr. Rita Amalisa.

 

Editor: Aprilia Sekar Dewi Poermunanto

Ketua Umum Ekstrakurikuler Jurnalistik Forum Massa Smada

Kepala Sekolah SMAN 2 NGANJUK

Dr. Rita Amalisa

  • Berita Baru

  • Berita terpopular

Photo Gallery

Contact

SMA Negeri 2 Nganjuk
Office:
Jalan Anjuk ladang No.09 Ploso
Nganjuk-64417
Phone: 0358-322585, Fax: 0358-322585
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web Desain

AKsoftware Web Desain
Jl. Wilis No.110 Kramat Nganjuk 64419
Your Best Partner
Phone: 082301613713
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Read more information