Sebuah Pengabdian Tak Sengaja yang Luar Biasa

Sebuah Pengabdian Tak Sengaja yang Luar Biasa


AlveryanPasyaA/XII-Mipa 1

Sesuai dengan 6 pilar profil pelajar pancasila. Semuanya terkemas tanpa sengaja ketika saya mengemban tugas sekolah sebagai panitia gastraction smada 2022. Banyak hal yang saya dapat dari sana, mulai dari mengenal orang orang dengan karakter berbeda beda, anak kecil sampai remaja yang masih bermain tanpa HP tak seperti anak di kota, bahkan mengenal mbah kung si pemancing hiu dari papua. Hal ini sungguh luar biasa bagi hidup saya. Dari situ saya banyak mendapatkan pelajaran bagi hidup saya. Perjalanan tak pernah usai, dan pengabdian selama 3 hari akan terus saya lanjutkan dan tak akan pernah selesai.

6 pilar profil pelajaran yaitu:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia;

2. Mandiri;

3. Bergotong-royong;

4. Berkebinekaan global

5. Bernalar kritis dan

6. Kreatif. tanpa sadar sudah saya dapatkan di sana. 6 profil tersebut terkemas sebagai berikut

 

1.    Beriman bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa

 

Gastraction smada 2022 merupakan event kemanusiaan dan peduli terhadap sesama yang baru selesai dilaksanakan oleh smada. Disana kita melaksanakan bakti sosial selama 3 harin 2 malam. Disitu, saya sendiri salah satu panitia dari 14 panitia yang menaungi 66 kelompok. Sungguh capek, lelah, letih, lesu dan semua ungkapan capek saya rasakan. Tetapi disana kita tidak lupa akan agama kita semua. Disamping kita peduli terhadap sesama, kita juga tak lupa akan tanggung jawab kita sebagai umat beragama. Meskipun banyak masalah masalah yang terus bermunculan, saya dan semuanya tetap melaksanakan sholat berjamaah. Itu meruapakan bagian ketakwaan kita kepada Allah SWT. dan disana saya sadar serta sangat bersyukur atas hidup yang saya jalani. Karena banyak orang yang ingin merasakan kehidupan seperti saya.

2.    Mandiri

Mengenai profil pelajar pancasila yang mandiri, ini sangat jelas karena ini merupakan salah satu tujuan gastraction Smada 2022. Disana kita 3 hari 2 malam tanpa kedua orang tua. Mulai dari membuat makan sendiri, mencuci baju dan apapun disana saya laksanakan mandiri. Kenapa sayan mencuci baju padahal cuman 3 hari? Karena saya sebagai penitia, saya terlalu fokus ke event, dan lupa akan barang yang harus saya bawa. Sehingga ada beberapa pakaian yang tidak saya bawa.

3.    Gotong Royong

Persiapan gastraction smada 2022 sangat kurang dalam hal waktu, tetapi ini justru memantik semangat teman teman dan saya untuk mensukseskak gastraction 2022. Profil pelajar pancasila bergotong royong sudah pasti kita lakukan. Seperti hal nya, sebelum gastraction, atau bisa dibilang H-1 kita harus mendirikan tenda pramuka yang besarnya kuat menampung kurang lebih 15 orang. Disini kita menerapkan profil pelajar pancasila yaitu gotong royong. Jika tidak secara bersama sama atau gotong royong, maka jelas, tenda dengan kapasitas besar tidak akan bisa berdiri.

 
4.    Kebhinekaan Global

 

Gastraction berjalan dengan sukses. Meskipun ada beberapa masalah yang ada. Kita sebagai pendatang disambut baik oleh penduduk setempatt, begitu pula sebaliknya, kita sebagai tamu juga menjaga tata krama dan sopan santun. Toleransi antara penduduk setempat dan saya dan rekan rekan dari smada sangat baik. Saya disana dengan para warga sangat rukun, sholat bersama serta melakukan penanaman tanaman bersama. meskipun disana kita berada di desa lokal dan desa imigran, tetapi saya dan teman teman dari smada, desa lokal, dan desa imingran sangat rukun dan menerima satu sama lain.

5.    Bernalar Kritis

   

Pada saat gastraction smada 2022 di desa pilangbangu, ternyata disana air dan listrik sangat terbatas. serta disana cuaca sangat panas. Sebagai profil pelajar pancasila saya harus berfikir kritis untuk memecahkan masalah ini. Kebetulan saya adalah KU ekstrakurikuler pencinta alam, maka untuk mengatasi cuaca yang sangat panas, saya berfikiran untuk menanam berbagai jenis pohon sebagai upaya reboisasi. Serta, saya melakukan edukasi mengenai autostar, yaitu alat yang bisa digunakan untuk menghemat arus listrik. sehingga meskipun listrik terbatas, masih bisa menggunakan alat elektronik dengan daya besar secara bersamaan.

6.    Kreatif

  Gastraction smada 2022 diikuti oleh 66 kelompok dan 1 kelompok adalah 6 orang. Dan disitu saya liat, semua kelompok membuang sampah botol plastik. Semua botol plastik yang ada saya kumpulkan dan akan saya buat sebagai media perlombaan. Dan alhamdulillah lomba berjalan dengan sukses. Botol plastik yang sudah tak ada nilainya, saya lombakan untuk dibuat pot tanaman. Dengan kreasi-kreasi anak desa, saya dan rekan rekan saya, ternyata hasilnya luar biasa. Dengan kreatifitas, barang yang tak ada nilainya, menjadi suatu barang yang berguna dan sangat indah.

 


Tinggalkan Komentar


Security code
Refresh

Kepala Sekolah SMAN 2 NGANJUK

Dr. Rita Amalisa

  • Berita Baru

  • Berita terpopular

Photo Gallery

Contact

SMA Negeri 2 Nganjuk
Office:
Jalan Anjuk ladang No.09 Ploso
Nganjuk-64417
Phone: 0358-322585, Fax: 0358-322585
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Web Desain

AKsoftware Web Desain
Jl. Wilis No.110 Kramat Nganjuk 64419
Your Best Partner
Phone: 082301613713
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Read more information